PWI Muba Gelar UKW Angkatan ke 42 

SEKAYU, CM- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) kembali menggelar Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) untuk angkatan ke-42, yang meliputi tingkatan Muda, Madya, dan Utama. Kegiatan berlangsung dengan khidmat di Gedung Pusat Belajar Guru (PBG) Dinas Kabupaten dan Kebudayaan (Diknasbud) Musi Banyuasin, Senin (21/08/2023)
Lebih dari puluhan wartawan dari berbagai media lokal dan nasional ikut ambil bagian dalam ujian keterampilan yang dilaksanakan oleh PWI Muba.
Ujian ini merupakan bagian dari upaya PWI dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalisme wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistiknya.
Ketua PWI Muba, Kurnaidi, ST, dalam laporannya menyampaikan, bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mengukur dan mengakui kemampuan serta pengetahuan para wartawan di Kabupaten Muba.
“Dengan menggelar ujian kompetensi wartawan, kita dapat memberikan penghargaan yang pantas kepada mereka yang telah mengabdikan diri dalam dunia jurnalistik dengan komitmen tinggi,” ujarnya.
UKW Angkatan 42 ini terbagi menjadi tiga tingkatan, yaitu Muda, Madya, dan Utama. Setiap tingkatan diuji dengan soal-soal yang mencakup berbagai aspek jurnalistik, seperti etika, penulisan berita, wawancara, dan pemahaman tentang regulasi media.
“Para peserta diharapkan dapat menunjukkan pemahaman yang mendalam serta kemampuan praktis dalam menjalankan tugas-tugas ini. Para peserta yang berhasil lulus ujian akan mendapatkan sertifikasi dari PWI yang dapat menjadi bukti konkret atas kualitas dan kompetensinya sebagai wartawan. Sertifikasi ini diharapkan dapat meningkatkan integritas dan kepercayaan publik terhadap profesi jurnalistik,” tukasnya
Ketua PWI Sumatera Selatan, Dr H Firdaus Komar, S.Pd., M.Pd, mengatakan, menjelaskan bahwa proses ujian dilaksanakan dengan ketat dan transparan.
“Kami memiliki tim penguji yang terdiri dari para senior wartawan dan akademisi yang memiliki pengalaman luas dalam dunia jurnalistik,” katanya
Selain itu pula, juga mengundang narasumber ahli dalam berbagai bidang jurnalistik untuk memberikan sesi pelatihan kepada para peserta sebelum ujian dilaksanakan. Ini adalah langkah yang diambil untuk memastikan bahwa peserta memiliki pengetahuan yang mendalam sebelum mengikuti ujian.
“Dengan diselenggarakannya UKW Angkatan 42 ini, diharapkan para wartawan di Kabupaten Muba semakin memiliki kompetensi yang tinggi dan mampu menjalankan tugas jurnalistik dengan profesionalisme yang lebih baik lagi. Semangat untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perubahan dalam industri media menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam profesi ini,” ungkapnya. (Red/Ril)
-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *